• AddressJl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Iringmulyo
  • Email
  • Contact(0725) 42445-42

Kurikulum

STRUKTUR KURIKULUM D3 PERBANKAN DAN KEUANGAN

KURIKULUM 2019 D3 Perbankan dan Keuangan Download Disini!!!

KURIKULUM 2016 D3 Keuangan dan Perbankan Download Disini!!!

CAPAIAN PEMBELAJARAN

SETIAP LULUSAN PROGRAM STUDI KEUANGAN DAN PERBANKAN

PROGRAM DIPLOMA III

BAHAN KAJIAN  PROGRAM STUDI MEMILIKI CAPAIAN PEMBELAJARAN SEBAGAI BERIKUT:

SIKAP

 

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dan;
  11. Menginternalisasi nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan

PENGUASAAN PENGETAHUAN

    1. menguassai konsep teoretis perbankan dan keuangan (banking and finance theory) dan konsep teoretis akuntansi secara umum;
    2. menguasai konsep umum, prinsip dan pengetahuan prosedural lengkap:
        1. penghimpunan dana dan jasa perbankan (funding and services);
        2. pengelolaan kredit/pembiayaan;
        3. manajemen operasional bank;
        4. manajemen pemasaran produk keuangan non-bank;
    3. menguasai konsep umum, prinsip dan teknik:

1) komunikasi efektif menggunakan bahasa Indonesia dan/atau minimal 1 (satu) bahasa internasional;

2) pelayanan prima;

3) dokumentasi dan pelaporan transaksi;

4) perangkat lunak;

d. menguasai pengetahuan faktual dan metode aplikasi dari standar dan kode etika profesi yang berlaku;

e. menguasai pengetahuan faktual kebijakan dan regulasi yang relevan dalam bidang perbankan dan keuangan dan pemaknaannya, minimal meliputi kebijakan bank, non-bank,hokumperkreditan ata pembiayaan;

f. menguasai pengetahuan faktual perkembangan kekinian dari lembaga keuangan yang adadi Indonesia; dan

g. menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya.

KETERAMPILAN KHUSUS

 

  1. mampu memberikan jasa perbankan sesuai dengan peraturan dan Prosedur Operasional Baku (POB) yang berlaku di Indonesia, meliputi kemampuan;
        1. mengidentifikasi transaksi yang dibutuhkan oleh nasabah dan mempersiapkan kebutuhan dana transaksi harian;
        2. melakukan transaksi layanan perbankan tunai dan non tunai dengan akurat dan cepat;
        3. melakukan proses penutupan transaksi harian dengan akurat dan cepat;
        4. menangani keluhan nasabah, mengindentifikasi akar masalah, memberikan alternatif solusi yang telah tersedia, dan menindaklanjuti penyelesaian permasalahan yang belum dapat diselesaikan dengan alternatif solusi yang tersedia, bersama rekan kerja sejawat atau atasan;
        5. mengidentifikasi kebutuhan informasi produk dan jasa bank nasabah/calon nasabah secara tepat dan cepat, serta mengomunikasikan informasi produk dan jasa bank yang relevan kepada nasabah secara efektif;
        6. menyusun rencana kerja implementasi strategi pemasaran produk Dana Pihak Ketiga (DPK) dengan metode tatap muka, pertemuan kelompok, promosi umum dengan pertimbangan target, skala prioritas, manfaat, biaya dan basis data bank;
        7. memasarkan produk/layanan kepada nasabah atau calon nasabah untuk menghimpun DPK Bank dengan metoda yang tepat;
        8. memantau dan menyusun laporan perkembangan DPK dan;

 

  1. mampu melakukan kegiatan pengelolaan kredit atau pembiayaan sesuai dengan peraturan dan Prosedur Operasional Baku (POB) yang berlaku di Indonesia, meliputi kemampuan:
        1. mengidentifikasi potensi nasabah dan menawarkan produk kredit/pembiayaan;
        2. melakukan penilaian atas permohonan kredit atau pembiayaan ritel berdasarkan data dan informasi untuk mengusulkan keputusan kredit/pembiayaan;

 

 

  1. mampu mengelola operasional bank sesuai dengan tugas dan kewenangannya, serta Prosedur Operasional Baku (POB) yang berlaku, minimal meliputi kemampuan:
        1. melakukan verifikasi, konfirmasi, otorisasi terhadap transaksi bank;
        2. menyiapkan dan melakukan proses penyelesaian transaksi akhir periode sebagai bagian dari laporan keuangan;
        3. melakukan verifikasi dokumen pendukung pencairan;

 

  1. mampu memasarkan, menjualkan, dan membelikan produk keuangan non-bank (produk pasar modal, asuransi, dana pensiun, pegadaian, dan multi finance), sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan berdasarkan peraturan serta POB yang berlaku di Indonesia;

 

  1. mampu membukukan transaksi keuangan, menyusun laporan keuangan, menghitung, mengisi, dan melaporkan pajak minimal PPh pasal 21 dan SPT tahunan, sesuai dengan POB;

 

  1. mampu mengomunikasikan semua jenis jasa layanan perbankan dan non-bank kepada klien menggunakan Bahasa Indonesia secara tepat dan akurat, dan minimal satu bahasa internasional secara efektif;

 

  1. mampu memilih sistem teknologi informasi perbankan yang sesuai dengan kebutuhan transaksi jasa keuangan dan mengoperasikan sistem teknologi informasi perbankan dengan tepat dan cepat dan;

 

  1. mampu memberikan pelayanan prima dan profesional kepada klien sesuai dengan Prosedur Operasional Baku (POB), khususnya dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan data nasabah;

 

KETERAMPILAN UMUM

 

  1. mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;
  2. mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
  3. mampu menyelesaikan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  4. mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  5. mampu bekerja sama, berkomunikasi dan berinovatif dalam pekerjaannya;
  6. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  7. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri; dan
  8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  9. mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global;
  10. mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarisme;
  11. mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian; dan
  12. mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis.

 

 

Bahan Kajian

 

Inti Keilmuan

IPTEK Pendukung

 

Dasar-Dasar Oprasional  perbankan 

Bank dan Lembaga Keuangan

Akutansi Perbankan

Analisis dan Laporan Keuangan

Manajemen dana dan resiko Perbankan

Perpajakan

Penelitian

Sistem informasi dan ApikasiCore Banking

Leadership & Entepreneurship

 
 
 

BK  1

BK  2

BK 3

BK 4

BK 5

BK 6

BK 7

BK  8

BK  1